Aku meminta kekuatan dan Allah memberikanku kesulitan untuk membuatku semakin kuat
Aku meminta kebijaksanaan dan Allah memberikanku permasalahan untuk kuselesaikan
Aku meminta keberanian dan Allah memberikanku rintangan untuk kuatasi
Aku meminta cinta dan Allah memberikanku seseorang untuk kutolong
Aku meminta sesuatu dan Allah memberikanku kesempatan

Mungkin aku tidak selalu mendapatkan apa yang aku inginkan, tapi aku selalu mendapatkan apa yang aku butuhkan

Kata-kata di atas ga sengaja aku temuin entah dimana, aku lupa😛 .Yang pasti, kata2 di atas merupakan bukti bahwa Allah begitu mencintai kita dengan begitu sempurna. Allah tidak serta merta memberikan apa yang kita minta tapi memberikan kita kesempatan untuk menjadi seperti yang  kita minta. Allah ingin kita belajar dari semua proses yang kita lalui karena sesungguhnya proses itulah yang membuat kita kuat, bukan hasil akhir. Dari proses itu juga, kita akan tahu sebenarnya apa yang lebih baik untuk kita jika kita mau membuang semua emosi negatif kita. Setelah itu, hasil akhir pun tidak akan lagi menjadi masalah karena kita sudah tahu bahwa itu yang terbaik.

Gimana cara menghadapinya? Allah sudah menyebutkannya dalam Al-Qur’an di banyak ayat. Sabar dan ikhlas is the way. Sabar menghadapi situasi apapun yang menimpa kita. Ikhlas menerima apapun keputusan Allah untuk kita. Allah tahu yang terbaik untuk kita. Seperti dikatakan dalam Al-Qur’an juga (mungkin ga sama persis😛 ) :

Kadangkala sesuatu yang kita sukai itu tidak baik untuk kita menurut Allah dan kadangkala sesuatu yang tidak kita sukai itu baik untuk kita

Who knows? Karena itu berbaik sangkalah pada Allah. Jangan begitu ngotot mendapatkan yang kita inginkan bahkan sampai menghujat Allah karena tidak mengabulkannya, karena Allah lebih tahu dari kita. Jangan juga begitu menjauhi sesuatu yang tidak kita sukai karena bisa jadi sesuatu itu baik untuk kita. Mungkin justru pikiran negatif kita sendiri yang menghalangi kita melihat kebaikan pada sesuatu itu.

Karena itu, lihatlah dari semua sisi. Jangan hanya memandang dari 1 sisi. Jangan juga menilai diri terlalu rendah apalagi memandang orang lain terlalu rendah karena bisa jadi orang itu jauh lebih baik daripada kita. Lihatlah sesuatu atau seseorang dari sisi baiknya karena selama kita selalu berpatokan pada keburukannya, maka kita tidak akan pernah bisa melihat kebaikannya.

Hehe..itu aja dulu sih. Sebenernya aku nulis ini juga untuk diriku sendiri. Hope I can be a better person🙂