Suatu makhluk dikatakan anti sosial (baca : ansos) jika dia memilih menyendiri ketimbang berinteraksi dengan sesamanya.Fenomena ini tidak hanya terjadi di kalangan manusia saja tapi juga di kalangan hewan.Menurut suatu survey, hewan lebih mudah mati jika hidup terpisah dengan jenisnya sebab mereka akan kesusahan mencari makan dan juga akan menjadi makanan empuk bagi predator.Begitu halnya dengan manusia.Walaupun manusia terbukti lebih mampu untuk bertahan tapi tetap saja hal itu akan membuat mereka tertekan lalu stress lalu … u know what’s next…

Ciri-ciri makhluk ansos :

  • Suka menyediri
  • Kebanyakan pendiam (bisa juga pemalu)
  • Jarang mengikuti kegiatan bersama
  • Nyaman mengerjakan sesuatu hanya seorang diri (agak kurang suka kerja kelompok)

Sebab-sebab orang menjadi anti sosial bisa karena bermacam-macam :

  1. Karena memang pada dasarnya dia orang yang ansos.Dia dilahirkan sebagai makhluk yang egois dan menganggap dirinya tidak butuh teman.Dia cuek walaupun dibenci oleh orang sekitarnya.
  2. Karena memang pada dasarnya dia adalah orang yang pendiam dan pemalu sehingga kesulitan untuk berkomunikasi dengan yang lainnya.Dia menjadi ansos bukan karena ingin, tapi lebih kepada ketidakmampuannya.Tipe seperti ini harus kita dekati lebih dulu.
  3. Karena pada dasarnya dia dilahirkan tidak di antara manusia.Contoh nyata (atau tidak nyata?) adalah Tarzan.Dia dilahirkan di hutan sehingga dia pun tidak mengenal manusia.Jadi jangan salahkan dia kalau dia tidak bisa berinteraksi dengan manusia pada umumnya.Tapi dia masih bisa berubah dengan pembinaan yang tepat.
  4. Karena keadaan yang  tidak biasa.Contohnya aja seseorang yg punya penyakit menular.Pasti mau tidak mau dia akan menjadi ansos.Dan karena tidak pede dengan dirinya akhirnya tipe yang satu ini memilih untuk menutup diri.Tipe seperti ini tetap harus didukung secara moril agar dia tidak merasa tersisihkan

Intinya, ansos tidak selamanya karena orang tersebut tidak mau berinteraksi.Karena itu, jangan dulu menjauhi makhluk ansos.