Akhirnya setelah sekian lama kesampaian juga nonton batman.Hmm…dibilang puas juga iya, bingung juga iya.Puasnya karena tenyata filmnya ga mengecewakan.Bingungnya, karena cerita Batman ini (termasuk Batman Begins) seperti lepas dari cerita Batman terdahulu (Batman, Batman Returns, Batman Forever, Batman and Robin).Perbedaan kebanyakan muncul dari latar belakang para tokoh.

Joker di film batman kali ini bisa dikatakan lebih gila daripada Joker di film pendahulunya (lihat film Batman yang pertama).Jika Joker di film pertama mengalami cacat wajah karena limbah beracun, Joker yang ini mengalami cacat wajah karena dianiaya oleh ayahnya.Joker yang dulu membunuh dengan zat beracun, sedangkan Joker yang ini dengan pisau lipatnya.Jauh lebih sadis.

Lalu Harvey Two-Face yang ini juga memiliki latar yang berbeda.Jika di film Batman yang lama (lihat Batman Forever) wajah Harvey rusak karena cairan asam, yang ini karena terbakar.Jika yang dulu Harvey dendam pada Batman karena gagal menyelamatkannya dari cairan asam, Harvey yang ini justru dendam pada Kepolisisan Gotham karena kematian Rachel (kekasih Harvey sekaligus wanita yang dicintai Batman) yang disebabkan oleh adanya pihak kepolisian yang bekerjasama dengan mafia dan Joker.

Intinya, Batman Begins dan The Dark Knight merupakan regenerasi dari film Batman terdahulu.Semuanya dibuat berbeda, baik dari segi penokohan maupun hubungan antar tokoh.1 tips untuk menikmati film ini : jangan membandingkan dengan film yang terdahulu.

Dilihat dari endingnya (Joker yang masih hidup), bisa dipastikan kalau film ini akan mempunyai sekuel.Tapi dengan meninggalnya Heath Ledger (pemeran Joker), yang digadang-gadang akan memperoleh pemeran pembantu terbaik di Oscar dalam perannya ini, apakah penonton masih mau melihat Joker kembali beraksi? Kita lihat saja.

 

Next movie I want to watch so much : The Mummy