Huhehe…ceritanya nih aku pergi umrah 2 minggu yang lalu sama adek en mamaku.Hmm…ya sebenernya terbilang nekat juga sih secara sekarang tuh lagi banyak-banyaknya tugas yang menumpuk.Saking banyaknya, seminggu sebelum umrah itu aku sampe kayak orang stress cos kudu nyelesain banyak tugas sekaligus.Tapi akhirnya tanggal 21 itu aku tetep pergi.

Dari Surabaya, aku berangkat jam 7 pagi naik Batavia Air.Nyampe Jakarta sekitar jam 8.Di bandara Soekarno Hatta sempet nganggur agak lama cos pesawat Saudi Arabian Airlines (SAA)-nya masih jam set 4 sore.Akhirnya jalan2 di sekitar bandara aja.Tapi ternyata ga kerasa juga sih.Akhirnya sore tiba en aku tiba2 udh di dalam SAA.Waktu di dalam, rasanya senang banget cos aku dapet kelas bisnis.Pertama sih aku ga tahu di kelas bisnis tuh dpt fasilitas apa aja.Tahunya setiap 1 jam sekali kita dibangunin buat dikasih makanan entah itu roti, nasi, jus, dsb.Ga heran klo temen2ku bilang aku tambah gendut.hiks…

Nyampe di Jeddah sekitar jam 2 pagi.Terus kita langsung naik bus ke Madinah.Nyampe Madinah kira2 jam 8 pagi.

@ Madinah…

Di Madinah, kita nginep di hotel yang namanya Dallah Taibah.Itu hotel bintang 5 en waktu liat kamarnya rasanya seneng banget,Tinggal mikirin ibadah aja deh.Makanannya pun juga enak2.Kenyang deh rasanya.Berhubung di Madinah cuma 1 hari jadi kudu dimanfaatin sebaik2nya.Kalo dateng ke masjid Nabawi agak lama sebelum adzan en pulang agak lama setelah waktu sholat selesai.Pahalanya kan 1000 x, jadi ga mungkinlah dilewatin.

Pertama kali ngeliat masjid Nabawi, aku terkagum2.Gimana ga?Setiap sudut temboknya dilapisi emas asli dan atap masjidnya bisa dibuka tutup gitu.Waktu itu pas Ashar, kebetulan waktunya atap dibuka.Aku langsung terkagum2 waktu ngeliat atap masjid itu bergeser dengan sendirinya.Subhanallah…

Yang bikin aku kaget lagi di masjid Nabawi adalah kebiasaan jalan di depan orang sholat.Disana sepertinya sah2 aja ngelewatin orang sholat.Ya sebenernya agak terganggu juga sih apalagi pas ga sengaja ada yang nyaduk kepalaku pas aku sujud.Tapi ya aku cuma bisa sabar aja.Alhamdulillah aku diberi kesabaran selama disana.

Malamnya, aku ke Raudoh, tempat yang terkenal di masjid Nabawi karena merupakan salah satu tempat berdoa yang mustajab dan juga dekat dengan makam Rasulullah.Tapi untuk bisa ke Raudah susahnya minta ampun karena antri panjang sekali.Dan berhubung banyak juga yang pingin ke sana, jadinya aksi sikut en dorong langsung terjadi.Untung aja ga ada aksi brutal :p

Tapi Alhamdulillah, aku bisa cepet masuk ke Raudah.Tapi disana pas aku sholat, berulangkali kepalaku diinjek2 gitu.Jadinya ga bisa khusyuk.Terus abis sholat, aku en mamaku agak maju ke depan en berdoa sepuas2nya.Tanpa sadar, air mataku menetes.Begitu besar keagungan-Mu Ya Allah…

Setelah puas berdoa, kita keluar dan kembali ke hotel…

Paginya, ada ziarah ke Gunung Uhud, Gunung Tsur, dan Masjid Quba.Setelah ziarah, kita langsung siap2 pake pakaian ihram buat persiapan umrah.Sebelum ke Mekkah, kita mampir ke Bir Ali untuk melakukan Miqat.

@ Mekkah…

Nyampe di Mekkah kira2 jam 11 malam.Pertama kita ke hotel dulu buat naruh koper.Pertama kali nyampe, betapa kecewanya kita ngeliat hotel kita.Jauh bgt dari yg Madinah malah kesannya ga pernah terawat gitu.En lagi yang tertera di keterangan biro ama hotel yang ada itu namanya beda.Terang aja semuanya protes.Apalagi kamarnya bau bgt en kamar mandinya bocor dari atas.Air apa tuh.Hiii…

Waktu makan pun juga semua kecewa cos ternyata ruang makannya kecil bgt.Ga ada mejanya en bau.Mana catering kita ga ada penjaganya lagi en makanannya belum disiapin gitu.Kita semua yang sebenernya laper jadi ga semangat.Tapi berhubung ntar umrah jadi ya dipaksain makan gitu deh.

Akhirnya setelah makan, kita langsung berangkat ke Masjidil Haram buat umrah.Ngeliat Masjidil Haram pertama kali, aku berulangkali bertasbih.Begitu megahnya rumah-Mu Ya Allah.Aku pikir tengah malem gitu bakalan sepi tapi ternyata malah tambah banyak yg umrah.Di sekitar Ka’bah penuh sesak orang saking banyaknya yang thawaf.Setelah selesai thawaf, kita melakukan sa’i.Setelah itu selesai deh umrahnya.Selesai umrah, kami pulang ke hotel buat mandi sekalian istirahat bentar buat persiapan sholat subuh.

Hari2 berikutnya kami habiskan banyak waktu di masjid.Rugi dunk kalo ga.Kan pahalanya 100.000 x.Yang istimewa itu pas hari2 menjelang pulang.Pas mau sholat Maghrib, tiba2 aja ada kucing nyamperin aku en mamaku.Padahal aku ada di tengah2 masjid lho.Mana kucingnya lucu banget lagi.Item kayak kucingku yg namanya Blacky.En manjanya juga sama.Masa kucing itu langsung tiduran di kakiku…Apa karena aku lagi kangen ama kucingku yg di rumah ya?Hehe…

Terus yg bikin seneng lagi aku bisa nyium Hajar Aswad walaupun kudu dipencet dari segala arah.Fiuhh…

Yang bikin sedih pas thawaf Wada’.Rasanya berat banget mau ninggalin Masjidil Haram.Hiks..moga aja aku diberi kesempatan untuk kesana lagi.Amiinnn…

Aku dan Unta

Ini cerita lucu ketika aku ziarah ke Mina.Disana kan banyak tuh yang jajain tunggangan unta buat foto2.Kalo sama foto bayarnya 10 real.Kalo cuma nunggangin aja ya 5 real.Aku cuma pingin nunggangin aja cos aku dah bawa kamera sendiri.Tapi pedagangnya ngotot pingin bgt pake kameranya.Akhirnya aku turun en mamaku cuma bayar 5 real.Untung aja aku cuma nunggangin abisnya ternyata banyak bgt yg ditipu.

Ada bapak2 ampe kudu bayar 80 real gara2 difoto berkali2 ama tukang untanya.Malah ada ibu2 yang kudu bayar 100 real.Wuihh…

Ya pelajaran aja deh buat yang mau umrah.Jangan naik unta :p

Pas pulang…

Pas pulang agak sebel juga.Cos kita ga dikasih pengarahan ama bironya.Rasanya si biro ini seperti lepas tangan gitu deh (nama biro akan diberitahukan kepada penanya).Pas mau naik SAA lagi…eh…ternyata ada masalah tiket jadi rombongan kita tuh naik paling terakhir.Terus pas di pesawat ternyata kelas kita turun jadi ekonomi.Tapi ya nggak pa-pa sih.Masih dapat banyak makanan :p

Yang paling nyebelin tuh pas ganti pesawat ke Surabaya.Masa kita disuruh ngurusin bagasi sendiri en orang biro-nya malah pulang ga tahu kemana.Ya jelas aja kita semua marah.

Tapi ya sudahlah.Gimana2 juga kita dapet pelajaran dari itu semua.Jangan pake biro itu lagi…:D