“Kamu nggak akan pernah mengerti”, biasanya kata2 ‘sakti’ tsb terucap ketika kita kehabisan kata2 atau dlm keadaan super terpojok.Ga percaya?Coba aja praktekin :p Sebenernya kata2 ini lebih menjurus kepada pembenaran diri sendiri.Maksudnya, kita berusaha melimpahkan kesalahan pada orang yg menurut kita nggak mengerti kita itu secara tidak sadar.Padahal sebenarnya kita mau menyembunyikan kenyataan sebenarnya.

Contoh kasus seperti temenku (sebut aja Melati).Melati ini suka ama seorang cowok (sebut aja Raflesia a.k.a Rafles).Dia udah berusaha menunjukkan perasaannya pada Rafles walaupun cuma sekedar dengan perhatian2 kecil.Dia merasa pasti Rafles bakal ngerasa.Tapi tanpa terduga, temen Rafles suka ama Melati (sebut aja Pinus) en Rafles menyuruh Melati buat jadian aja ama Pinus.Melati lgsg merasa marah tapi nggak mau mengatakan sebab dia marah.Jelas aja Rafles bingung dan kata2 yg terlontar dr mulut Melati malah, “Kamu emang nggak pernah mengerti”.

Untuk mengerti seseorang emang susah bgt tapi berusaha dimengerti juga sama susahnya.Pokoknya yaapa caranya membuat seseorang mengerti kita tanpa kita mengatakan yg sebenarnya.Nah…biasanya banyak yg menggunakan alternatif ‘bahasa isyarat’ atau ‘sinyal2’.Masalahnya, ga semua orang bs atau punya kemampuan untuk menangkap ‘bahasa isyarat’ atau ‘sinyal2’ tadi (contohnya Rafles).Kalaupun bs, pasti mereka nggak akan berani menyimpulkan secara cepat karena takut salah.

Kalo udah kayak gini emang mendingan ngomong jujur agar semuanya bs jelas.Tapi jujur itu susahnya jg minta ampun apalagi kalo berkaitan dengan perasaan.Kita nggak bs menyalahkan Melati hanya karena dia mbulet aja.Bisa jadi dia punya alasan knp ga bs jujur.Contohnya : takut dibenci atau takut dijauhi Rafles.Emang ada orang yg memilih diam seumur hidup drpd dibenci atau dijauhi.Sebaliknya, kita juga ga bs menyalahkan Rafles.Dia kan bukan paranormal yg bs mengerti jalan pikiran seseorang seperti membaca pikirannya sendiri.Mgkn dia diam2 mengerti tapi karena nggak mau dipikir kege-eran makanya dia memilih bilang nggak tahu.Padahal yg pingin dibilang Melati tuh sebenernya, “Kamulah yg kucintai”

Pikiran manusia emang nggak bs ditebak.Cara agar mengerti seseorang bs dengan menempatkan diri kita di posisi orang tsb.Tapi agar dimengerti??Yaapa caranya??